Berita Agroteknologi FPPB Universitas Bangka Belitung :: Indonesia

Serunya Berburu Lalat Buah Ala Kuliah Lapangan Mahasiswi Agroteknologi UBB


Tigamatapena.com Rahayu Supratiwi mahasiswa Jurusan Agroteknologi Universitas Bangka Belitung semester 4 lakukan kuliah lapangan (KL) lalat buah di kebun petani Balunijuk saat dilakukan.

Rahayu mengatakan berawal dari kesukaannya pada serangga, Ia mencoba berburu serangga (lalat buah) sebagai objek penelitiannya yang berjudul "Keragaman Lalat Buah (Diptera : Tephridae) Pada Pertanaman Hortikultura Desa Balunijuk". "Saya suka dengan serangga, jadi saya ingin mengetahui informasi awal tentang jenis atau genus lalat buah pada pertanaman hortikultura yang ada di Desa Balunijuk dengan menggunakan tiga macam tanaman pertanaman hortikultura yaitu timun, oyong, dan pare," ungkap Rahayu saat dihubungi tim tigamatapena.com (14/07/2017).

Rahayu menjelaskan, lalat buah termasuk hama yang dapat menyebabkan kerusakan pada tanaman hortikultura, sehingga keberadaan lalat buah sangat merugikan bagi para petani. "Proses pengidentifikasian diawali dengan cara memasang perangkap lalat buah pada tanaman. Perangkap lalat buah dibuat menggunakan botol bekas air mineral yang disuntikkan pestisida antraktandan insektisida dengan dosis yang telah ditentukan. Lalat buah yang diperoleh sebagian disimpan untuk mempermudah proses identifikasi dengan menggunakan buku kunci lalat buah", ujar Rahayu.

Rahayu berharap penelitiannya bermanfaat untuk memperoleh informasi dalam mendeteksi lalat buah lebih awal.

"Diharapkan bisa didapatkan informasi yang sangat diperlukan dalam deteksi dini lalat buah yang tidak diinginkan para petani, sehingga untuk tingkat kerusakan dan penyebaran lalat buah yang ada di lapangan dapat diatasi atau diminimalkan karena lalat buah ini merupakan hama terpenting pada pertanaman hortikultura dan dapat menurunkan produktifitas," ujarnya. (Ayu)





Sumber Berita: http://tigamatapena.com/berita/2017/07/19/199/serunya-berburu-lalat-buah-ala-kuliah-lapangan-mahasiswi-agroteknologi-ubb
Dikirim oleh
Tanggal 2017-07-29
Jam 20:45:28


Silahkan Ketik Keyword untuk mencari Artikel, Feature, atau berita yang diinginkan


Baca Berita Lainnya :


Baca Artikel :
 
 
       
   

Kembali ke Homepage Website Program Studi Agroteknologi FPPB Universitas Bangka Belitung Homepage Agroteknologi
Masuk Halaman Artikel Agroteknologi
Masuk Halaman Berita Agroteknologi