Berita Agroteknologi FPPB Universitas Bangka Belitung :: Indonesia

Balitsa, Lokasi Strategis untuk Kuliah Lapangan Sambil Berwisata


Tigamatapena.com - Kegiatan seputar Kuliah Lapangan (KL) memang menjadi hal yang menarik untuk terus diulik. Di sela-sela pelaksanaan kegiatan tersebut, kedua mahasiswi Agroteknologi, Universitas Bangka Belitung, Juristhira Fathonah Adiarni dan Kusmawati ingin berbagi sedikit tentang kegiatan Kuliah Lapangan yang saat ini tengah mereka jalani.

Balai Penelitian Tanaman Sayur (Balitsa) yang berlokasi di Cikole, Lembang, Jawa Barat menjadi tempat pilihan keduanya dalam mengerjakan kegiatan KL. Balai yang disinyalir merupakan tempat penelitian berbagai jenis tanaman sayuran serta pengembangan tanaman holtikultura tersbesar di Bandung bahkan di Indonesia tersebut pun menuntun Rara dan Kusma mengerjakan KL mereka yang berfokus terhadap magang kerja, dimana tema yang diangkat yaitu seputar meneliti jenis insek. Jenis insek yang diamati didapatkan dari tumbuhan yang memiliki ciri khas berbau untuk selanjutnya diujicoba kan terhadap hama. Jenis insek yang diamati Juristhira yaitu insek botani dari ekstrak akar tuba dan daun ketapang untuk mengendalikan hama ulat grayak (Spodoptera litura) sedangkan Kusma melakukan pengamatan terhadap hama kutu kebul (Bemisia tabaci) dari minyak atsiri. Kegiatan pengamatan lebih banyak mereka kerjakan di ruang laboratorium Balitsa.

Tidak hanya Juristhira dan Kusma yang melaksanakan Kuliah Lapangan di Balitsa, puluhan mahasiswa lain yang tersebar di berbagai Universitas di Indonesia pun turut melaksanakan Kuliah Lapangan dibalai penelitian tersebut. Hal ini tak ayal menjadi keuntungan para peserta Kuliah Lapang di sana, karena selain dapat meraup pengetahuan dan pengalaman baru, para mahasiswa/i dari berbagai Universitas tersebut pun dapat saling menambah jangkauan relasi dan berbagi wawasan. Ditambahkan Juristhira, Hal lain yang membuat kegiatan Kuliah Lapangan di Balitsa semakin menyenangkan karena Balitsa merupakan balai penelitian yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat diambil sisi estetika sebagai salah satu agrowisata menarik di Jawa Barat.

"Dapat banyak pengalaman dan teman baru, tempatnya juga seru dan menyenangkan, jadi bisa sekalian liburan/ berwisata" ,Ujar Juristhira saat dihubungi Tigamatapena.com.(Vgt)





Sumber Berita: http://tigamatapena.com/berita/2017/07/15/196/balitsa-lokasi-strategis-untuk-kuliah-lapangan-sambil-berwisata-

Dikirim oleh
Tanggal 2017-07-29
Jam 20:41:34


Silahkan Ketik Keyword untuk mencari Artikel, Feature, atau berita yang diinginkan


Baca Berita Lainnya :


Baca Artikel :
 
 
       
   

Kembali ke Homepage Website Program Studi Agroteknologi FPPB Universitas Bangka Belitung Homepage Agroteknologi
Masuk Halaman Artikel Agroteknologi
Masuk Halaman Berita Agroteknologi