Hubungi  (0711) 4260046  agrotekubb@gmail.com

Kuliah Umum tentang “Pengunaan Drone untuk Kegiatan Pemetaan”

Mungkin saat ini hampir semua kalangan masyarakat telah mengenal yang namanya Drone. Drone yang memiliki  nama lain UAV (Unmanned Aerial Vehicle) ini, sudah banyak dikenal dan dimiliki oleh masyarakat banyak. Harganya pun bervariatif dari yang hanya jutaan sampai dengan yang puluhan juta. Penggunaannya juga bermacam-macam, baik penggunaan untuk kegiatan fotografi, pembuatan video, bahkan sampai untuk kegiatan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan seperti kegiatan pemetaan.

Penggunaan drone untuk kegiatan pemetaan mungkin terbatas untuk kalangan tertentu saja, seperti lembaga peneliti (perguruaan tinggi, lembaga riset milik swasta atau pemerintah), lembaga pemerintah, dan juga konsultan. Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akademis di Jurusan Agroteknologi khususnya, maupun Universitas Bangka Belitung, Jurusan Agroteknologi bersama Divisi K3LH PT. Timah menyelenggarakan kuliah umum tentang “Penggunaan Drone untuk Kegiatan Pemetaan”. Dibawah Arahan Ibu Ratna Santi sebagai dosen penanggung jawab matakuliah Survei Pemetaan Lahan dan bapak Fahri Setiawan sebagai dosen pengampu, bantuan dari mahasiswa-mahasiswa matakuliah Survei Pemetaan Lahan tahun ajaran 2018, dan dukungan penuh dari Jurusan Agroteknologi dan Divisi K3LH PT. Timah, kegiatan kuliah umum ini terlaksana dengan lancar.

Kuliah umum yang diisi oleh Bapak Gani dan Bapak Amin Zuhri dari bagian Pemetaan Divisi K3LH PT. Timah, berisikan tentang pengenalan-pengenalan tentang drone, tata cara perakitan drone, tata cara penggunaan drone yang sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur) dan aturan hukum, serta yang paling penting tentang konsep-konsep penggunaan drone dalam kegiatan pemetaan. Kegiatan yang dilaksanakan selama kurang lebih 3 jam ini diikuti dengan serius oleh para mahasiswa. Mahasiswa mengaku sangat senang mengikuti kuliah umum ini. Hal ini dikarenakan mahasiswa dapat langsung melihat, dan mempraktekan penggunaan drone ini dalam kegiatan pemetaan, tidak hanya berupa teori yang terkadang membosankan.

Ketua jurusan Agroteknologi, Ibu Eries Dyah Mustikarini sangat mendukung kegiatan kuliah umum ini. Selain itu, penanggung jawab mata kuliah Survei Pemetaan Lahan (Ibu Ratna Santi) menyatakan bahwa kuliah umum ini merupakan bentuk dari pengembangan dari mata kuliah survei pemetaan lahan yang merupakan bagian dari peminatan lahan yang ada di Jurusan Agroteknologi. Bapak Gani dari Divisi K3LH PT. Timah juga mengaku sangat senang diminta sebagai narasumber dalam kuliah umum ini. 

Kuliah umum diakhiri diakhiri sesi tanya jawab atau diskusi dengan mahasiswa yang mengikuti. Sesi tanya jawab ini diikuti dengan antusias dari para mahasiswa. Di akhir acara, bapak Gani memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang paling aktif bertanya berupa hadiah.

Penulis : Fahri Setiawan